Google Translate

Senin, 06 Mei 2013

Lomba LKTI NET's 2013


KETENTUAN LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah)

A.   KETENTUAN UMUM     
a.        Peserta LKTI adalah mahasiswa aktif dan resmi terdaftar mengikuti program pendidikan S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.
b.        LKTI dapat diikuti oleh perseorangan maupun kelompok (maksimal 3 orang).
c.        Setiap PTN/PTS dapat mengikutsertakan lebih dari satu kelompok karya tulis ilmiah.
d.        Naskah karya tulis ilmiah harus dilengkapi halaman pengesahan yang ditandatangani
oleh pihak institusi peserta (dekan atau pembantu dekan bidang kemahasiswaan).
e.        Naskah karya tulis ilmiah dijilid rapih dan dibuat rangkap 4 (dalam bentuk hard copy/printout) disertai 1 buah soft copy dalam bentuk CD. Pengiriman dapat dilakukan melalui :
Pos ke alamat :
Kompleks Sekretariat Bersama UKM/ HIMA
Fakultas Ekonomi UNSOED
Jl. HR.Boenyamin No.708 Grendeng
Purwokerto Utara 53122
(bagian pojok kiri atas amplop diberi tulisan “LKTI NASIONAL/Nets 2013”)
f.       Enam  kelompok finalis yang telah memenuhi kualifikasi juri akan diundang untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya dihadapan juri dan audience.

B.     KETENTUAN KHUSUS

1.      Materi Karya TulisIlmiah Nasional

Tema yang diusung dalamacara ini adalah :   


“Redenominasi: Resolusi Baru Penguatan Kestabilan Moneter Indonesia ”
                                                         
PesertaLKTI dapat memilih sub tema di bawah ini :
1.       Peran Serta Redenominasi untuk Mengatasi Ketidakefisienan dalam Melakukan Transaksi
2.       Redenominasi sebagai Upaya Menyetarakan Ekonomi Indonesia dalam Memasuki Era MEA 2015
3.       Dampak Kebijakan Redenominasi terhadap Daya Beli Masyarakat Indonesia
4.       Kemapanan Rupiah terhadap Mata Uang Asing Sebagai Dampak Kebijakan Redenominasi


2.     KetentuanPenulisan dan atau Pengetikan
a.       Naskah karya tulis ilmiah merupakan hasil orisinil pemikiran pribadi dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba serta belum dipublikasikan di media manapun.
b.      Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan (EYD), sederhana, dan jelas.
c.       Jumlah halaman naskah karya tulis ilmiah 25-40 lembar (belum termasuk cover, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi,serta lampiran – lampiran)
d.      Bagian kelengkapan administratif yang meliputi daftar isi, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel (jika ada) dan daftar gambar (jika ada) diberi nomor halaman dengan menggunakan tanda romawi kecil (i,ii,iii,...) dan diketik “center”.
e.       Bagian utama pembahasan diberi nomor halaman dengan menggunakan tanda angka Arab (1,2,3,...) dan diketik “center”.
f.       Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel naskah ditulis diatas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka Arab (jika ada).
g.      Gambar, baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka Arab (jika ada).
h.      Naskah diketik pada kertas A4 dengan 1,5 spasi menggunakan jenis dan ukuran
huruf Times New Roman 12pt. Batas Pengetikan :
                                         i.     Samping kiri              : 4cm                                  
                                         ii.    Samping kanan          : 3cm
                                         iii.   Batas atas                  : 3cm
                                         iv.   Batas bawah               : 3cm

i.       Cara penulisan Bab dan Sub-bab tidak menggunakan sistem numeral, artinya tidak ada penomoran Bab dan Sub-bab. Penulisan bab baru mengikuti bab sebelumnya dengan jarak 3 spasi antara judul bab dengan baris terakhir bab sebelumnya (tidak berganti halaman baru).
j.       Judul artikel diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
k.      Judul Bab diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dimulai dari sebelah kiri tanpa digaris-bawahi.
l.       Judul Subbab ditulis dengan font style bold (cetaktebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”,“untuk”, “tentang”, “dengan”); kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
m.    JudulAnak Subbab ditulis dengan font style italic (cetak miring) dimulai darisebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi(“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”,“pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”); kata sambung (“dan”,
“atau”,“sejak”, “setelah”, “karena”).
n.      Jarak pengetikan antara Bab dan Subbab 2,5 spasi, antara Subbab dan kalimat dibawahnya 2 spasi.
o.      Alinea baru diketik menjorok ke dalam (diberi indentation) sebanyak 7-8karakter (sekitar 1,25 cm)
p.      Daftar Pustaka diketik 1 spasi.
q.      Nama-nama penulis beserta alamat institusinya diketik tepat di bawah judul artikel dengan jarak 1,5 spasi.

3.     Sistematika Penulisan.
Naskah karya tulis ilmiah terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut :
a.      Judul: Halaman judul/cover(disertai nama penulis, NIM, logo dan nama institusi)
b.      Halaman pengesahan
c.      Kata pengantar
d.      Daftar isi
e.      Daftar tabel (jika ada)
f.       Daftar gambar (jika ada)
g.      Bab I       Pendahuluan :
                                           i.           Latar belakang masalah
                                           ii.          Rumusan masalah
                                           iii.         Tujuan penulisan
                                           iv.         Manfaat penulisan
                                            v.         Hipotesis (jika ada)

h.      BabII       Tinjauan Pustaka
i.       Bab III     Metodologi Penulisan
j.       Bab IV     Pembahasan
k.      BabV       Penutup :
                                             i.             Kesimpulan
                                             ii.             Saran

l.       Daftar Pustaka
m.    Lampiran– lampiran :
                                             i.           Biodata (curriculum vitae) masing – masing anggota kelompok (lengkap)
                                             ii.           Foto copy KTM dan kartu pengenal(KTP/SIM/Pasport) masing – masing anggota kelompok


4.     Ketentuan Penilaian KaryaTulis

Penilaian Mutu Karya Tulis
KRITERIA NILAI
  • Kesesuaian isi dengan sub tema: 15
  • Kesesuaian format  penulisan: 10
  • Penggunaan EYD: 10
  • Originalitas ide/gagasan: 15
  • Kedalaman isi karya tulis: 30
  • Penarikan kesimpulan: 20
  • KESELURUHAN PENILAIAN: 100 


Total Penilaian Mutu Karya Tulis sebesar 50% dari total penilaian Final LKTI


Penilaian Kualitas Presentasi
KRITERIA NILAI
  • Sistematika penyajian: 30
  • Kesesuaian penyampaian isi: 40
  • Cara penyampaian: 20
  • Ketepatan waktu: 10
  • KESELURUHAN PENILAIAN: 100
Total Penilaian Kualitas Presentasisebesar 20%dari total penilaian Final LKTI



Penilaian Kualitas Presentasi Tanya Jawab
KRITERIA NILAI
  • Ketepatan & kebenaran jawaban: 50
  • Argumentasi: 40
  • Ketepatan waktu: 10
  • KESELURUHAN PENILAIAN: 100
Total Penilaian Kualitas PresentasiTanya Jawab sebesar 30%dari total penilaian Final LKTI

5.      Pengiriman Karya Tulis Ilmiah
a.       PesertaLKTI harus mengisi formulir dan dikirim via e-mail ke alamat nets2013fe@yahoo.com 
          Atau nets2013fe@gmail.com


b.      Naskah karya tulis ilmiah paling lambat diterima tgl 23 Mei 2013 (sudah sampai di tangan panitia).

6.      Agenda
2 Mei – 8Mei2013          : Pendaftaran Peserta LKTI/Delegasi
23 Mei 2013                  : Batas akhir penerimaan naskah Karya Tulis Ilmiah (sampai ditangan panitia)
24 Mei - 30 Mei 2013     : Proses seleksi
31 Mei 2013                  :Pengumuman Finalis yang berhak maju ke Final
1 Juni - 9 Juni 2013        :Persiapan Presentasi
10   Juni 2013                : Technical Meeting final LKTI 2013
11   Juni 2013                : Final LKTI 2013
12   Juni 2013                : Pengumuman pemenang LKTI 2013

7.     Hadiah    
Seluruh finalis LKTI dan Delegasi (perwakilan/utusan) yang menghadiri presentasi LKTI dan Seminar akan mendapatkan sertifikat penghargaan sebagai finalis LKTI dan delegasi.
Tiga finalis sekaligus pemenang akan mendapatkan hadiah dengan rincian sebagai berikut :
Juara I   :
Trophy+Sertifikat+UangTunai sebesar Rp. 3.000.000,-
Juara II  :
Trophy+Sertifikat+Uang Tunaisebesar Rp. 2.000.000,-
Juara III :
Trophy+Sertifikat+Uang Tunaisebesar Rp. 1.000.000,-

8.     Proses Penilaian
a.       Proses penilaian dan penyeleksian karya tulis ilmiah akan dilakukan oleh 3 juri independen yang telah ditunjuk oleh panitia.
b.     Hasil keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

Lampiran 3

KETENTUAN FINALIS DAN ATAU DELEGASI


a.       Kelompok finalis yang telah terpilih untuk maju ke final LKTI Nasional berjumlah 6 kelompok.
b.       Setiap PTN/ PTS dapat mengirimkan maksimal 3 delegasi ke acara NETs 2013.
c.       Delegasi merupakan utusan/perwakilan dari Himpunan mahasiswa (tidak harus menjadi peserta LKTI dan dilengkapi surat tugas).
d.       Delegasi berhak mengikuti seluruh rangkaian acara kegiatan (Presentasi LKTI, Seminar Nasional dan Seminar Jurusan).    
e.       Fasilitas yang disediakan panitia :
          1.      Penginapan
          2.      Konsumsi selama kegiatan berlangsung
          3.      Transportasi selama kegiatan berlangsung
          4.      Seminarkit
          5.      Sertifikat
          6.      Trophy (3 juara terpilih)
          7.      Field Trip
f.       Kelompok finalis yang diundang dan delegasi wajib membayar biaya kontribusi sebesarRp. 700.000,- (untuk luar kota Purwokerto) dan Rp.250.000,- (untuk dalamkota purwokerto)
g.      Khusus bagi peserta LKTI, biaya pendaftaran sudah termasuk di dalam biaya kontribusi yang tercantum di atas. Dan dibayarkan setelah lolos seleksi LKTI.
h.      Biaya kontribusi kelompok finalis dan atau delegasi hanya menyangkut akomodasi, konsumsi dan transportasi selama kegiatan. Biaya kedatangan dan pulang dari Purwokerto bukan menjadi tanggung jawab panitia.
i.       Setiap kelompok finalis dan atau delegasi diharapkan membayar biaya kontribusi sebesar yang telah disebutkan diatas paling lambat tanggal 4 Juni 2013 (1 minggu sebelum acara)
j.       Biaya kontribusi dapat dibayarkan melelui rekening BNI 46 dengan No.Rek. 0233292055 Atas nama : Nana Nadliroh (Penanggung Jawab LKTI NET’s 2013)
k.      Setiap kelompiok finalis dan atau delegasi diharapkan mengkonfirmasi kedatangannya kepada panitia NET’s 2013 paling lambat tanggal 7 Juni 2013 (3 hari sebelum acara)
l.       Setiap kelompok finalis harus sudah tiba di Purwokerto pada tanggal 10 Juni 2013 dan delegasi paling lambat tanggal 11 Juni 2013.
m.    Setelah tiba kelompok finalis dan delegasi langsung melakukan registrasi ulang kepada panitia NET’s 2013 yang bersangkutan dengan dilengkapi syarat-syaratsebagai berikut :
         1.      Slip bukti pembayaran kontribusi
         2.      Pasfoto 3x4 berwarna (2 lembar)
         3.      2lembar fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
         4.      2lembar fotokopi kartu tanda pengenal seperti KTP/ SIM/ Pasport
         5.      Surat tugas atau pendelegasian dari himpunan mahasiswa masing-masing PTN/ PTS     
n.      Kedatangan peserta ditunggu di beberapa titik/pos, antara lain :
         1.      Stasiun KA Purwokerto
         2.      Termina lBus Purwokerto
         3.      Gedung Rektorat UNSOED
        (Kedatangan di luar pos – pos di atas bukan menjadi tanggung jawab panitia)
o.      Selama kegiatan berlangsung, semua kelompok finalis dan atau delegasi diwajibkan memakai sepatu, almamater, pakaian sopan dan rapih.


Konfirmasi dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi:


A.Ghofur M.  (Ketua Panitia)                         089665755954
Siti Maryam (Koordinator Acara)                   085647799700
Nana Nadliroh                                             08568154525

Tidak ada komentar:

Posting Komentar